Sunday, April 17, 2011

Setting Font Jepang di Komputer Rumahmu… ^^

Hello sahabat blogger…^^

にちわ。。。お元気 です か

Pengen bisa mengetik hurup hiragana, katakana dan kanji dari komputer atau laptop kamu??? Tenang aja, meski dari keyboard huruf latin kamu juga bisa mengetik hurup-hurup jepang tersebut dengan mudah… caranya? Well… silahkan tongkrongin aja artikel yang satu ini…^^

Buat kamu yang sudah menggunakan windows7, caranya gampang banget. Kamu tinggal mengubah settingan language di komputer kamu supaya bisa menghasilkan karakter bahasa jepang tadi. Caranya buka control panel > region and language > change display language. Selanjutnya akan muncul box/jendela region and language. Selanjutnya kamu pilih keyboard and language > change keyboard.



Setelah itu akan muncul jendela text service and input language. Pilih general, disana akan ditunjukan bahasa yang telah diseting untuk didukung oleh keyboard kamu. Jika jepang belum termasuk kedalam bahasa yang didukung keyboardmu. Maka, selanjutnya pilih add.



Kemudian akan keluar jendela add input language. Cari 'japanese', pilih keyboard, lalu centang 'microsoft IME'. Kemudian klik OK.



Dan tada… keyboardmu sudah siap mendukung tulisan hiragana, katakana dan kanji. Selanjutnya tinggal setting language di menu bar. Untuk bisa mengetik hurup hiragana, katakana dan kanji, pastikan setting language di menu bar adalah japanese (JP). Jika seting masih english (EN), kamu tinggal mengganti dengan mengklik tanda 'EN' di menubar kamu dan ganti dengan 'JP'



Kemudian akan mucul seperti ini

Dan yah… kamu siap mengetik dengan hiragana, katakana dan kanji dari komputermu.

Selamat mencoba… ^^

さよなら。。。 

Note: untuk windows XP pro, kamu mungkin perlu melakukan instal language dan program IME sebelum bisa menjalankan langkah-langkah diatas. Untuk program IME kamu bisa download disini.



2 comments: