Friday, July 22, 2011

Lotus Flower

Kali ini aku ingin membahas tentang Lotus flower atau dalam bahasa Indonesia adalah Bunga seroja. Yang juga merupakan nama Jepangku, yaitu Ren (蓮). Ren/Renge adalah nama yang umum digunakan di Jepang yang berarti Lotus. Meskipun sebenarnya kanji untuk Lotus flower adalah 連, yang dibaca hachisu. Lotus tumbuh mekar pada musim panas, dan juga merupakan July's flower. So, buat kamu yang lahir di bulan ini. Ini nih bunga yang melambangkan bulan kelahiran kamu. ^^
Lotus: July's flower

Bisa dikatakan lotus adalaha bunga legendaris. Bunga ini banyak digunakan sebagai simbol dalam berbagai agama, budaya dan negara. Dalam ajaran Budha, lotus menjadi simbol bagi purity (kemurnian), faithfullness (keyakinan) dan spiritual awakening (kebangkitan spiritual). FullBlossom Lotus juga direpresentasikan sebagai Budha yang telah mencapai pencerahan spiritual melalui perjalanan panjang dari kegelapan, yang diwakili oleh kolam berlumpur, menuju cahaya pengetahuan dan kebijaksanaan. Lotus juga memiliki peran yang krusial dalam ajaran Hindu dan kebudayaan India. Dalam ajaran Hindu Lotus dikaitkan dengan keindahan, kesuburan, kemakmuran, keabadian dan spiritualitas. Bunga ini sering ditemukan disisi Dewa Dewi dalam ajaran Hindu dan kebudayaan India. Seperti Dewi Laksmi, dewi kesuburan dan kemakmuran, yang bertahta diatas bunga lotus yang mekar sempurna. Bahkan bunga lotus juga disebutkan dalam Bhagavad Gita, dimana kualitas bunga lotus yang tetap tak tersentuh oleh air dan lumpur kolam dimana ia tumbuh, dibandingkan dengan kualitas orang yang bijaksana, yang melakukan tugas-nya tanpa keterikatan dan kepedulian untuk hadiah apapun. Hal ini menggambarkan pencerahan spiritual/kesempurnaan spiritual seseorang. Bahkan dalam budaya Mesir, Lotus memiliki arti mendalam. Lotus adalah bunga yang mewakili matahari dan kelahiran kembali. Bunga ini dikaitkan dengan beberapa legenda yang menjelaskan penciptaan matahari dan dewa Ra. Menurut salah satu legenda, matahari keluar dari bunga lotus yang mekar sementara legenda lain menjelaskan bahwa Lotus muncul dari laut tak terbatas yang disebut Nun, dan ketika bunga mekar maka keluarlah Dewa Ra. Dan masih banyak lagi arti simbologis dari bunga ini dalam berbagai budaya dan bangsa yang akan sangat panjang untuk dibahas disini. Jika ingin tahu lebih banyak tentang arti simbologis bunga Lotus kamu bisa berkunjung ke sini.

Left: The boy Buddha rising up from lotus. Crimson and gilded wood, Trần-Hồ dynasty, Vietnam, 14th-15th century; Right: Hindu goddess Lakshmi holding & standing on a lotus.

Okay, mari kita tinggalkan dahulu Legenda mengenai bunga Lotus dan mulai menengok pada realita. Lotus (Nelumbo nucifera) adalah bunga yang termasuk kedalam kerajaan Plantae, divisi Magnoliophyta, kelas Magnoliopsida, ordo Proteales dan family Nelumbonaceae. Lotus adalah tanaman air yang tumbuh alami di daerah tropis, dan tersebar mulai dari Asia Selatan hingga Australia. Bunga ini hanya mekar dimusim panas ketika mendapat sinar matahari yang banyak. Kelopaknya akan mulai mekar dipagi hari dan kembali mengucup ketika senja. Akar dari Lotus tertanam di tanah berlumpur didasar kolam atau sungai, sedangkan daunnya mengapung di atas permukaan air. Bunga-bunga Lotus biasanya ditemukan pada batang tebal yang naik beberapa sentimeter di atas air. Ketika kelopak bunga Lotus mulai berguguran, mereka digantikan oleh polong benih dengan ujung atas yang datar yang dibagi kedalam beberapa kompartemen, dan menyerupai sarang tawon. Polong benih ini selanjutnya akan berbentuk kerucut dan menjadi buah yang mengandung benih/biji dalam lubang didalam polongnya. Ketika benih matang, polong akan menjadi semakin berat dan semakin mendekati permukaan air. Ketika polong buah menyentuh permukaan air maka ia akan menjadi longgar dan melepaskan benihnya. Benih yang baik/bagus akan tenggelam kedasar kolam dan tumbuh menjadi bunga yang baru, sedang benih yang rusak akan tetap mengambang dipermukaan air.

Lotus seeds

Lotus terdapat dalam beberapa warna. Yang paling umum adalah warna putih dan warna pink. Tapi, selain itu ada juga lotus biru, merah dan bahkan ungu. Perbedaan warna lotus ini merepresentasikan makna yang berbeda-beda. Lotus putih melambangkan kemurnian, kesempurnaan pikiran dan spiritual. Lotus merah disisi lain melambangkan Hati, oleh karena itu dikaitkan dengan cinta, gairah, dan belas kasih. Lotus biru berarti kebijaksanaan dan pengetahuan, dan melambangkan kemenangan atas akal sehat. Lotus ungu, teratai mistis yang melambangkan rahasia dan sekte/golongan ekslusif. Sedangkan Lotus merah muda/pink adalah yang paling dominan diantara semua warna lain. Lotus inilah yang banyak dijadikan simbol untuk para Dewa Dewi dan bahkan Budha ditampilkan duduk di atas bunga Lotus merah muda. Di China dan India kebanyakan terdapat bunga Lotus pink, meski jenis lainnya (lotus putih, merah, ungu dan biru) juga bisa ditemukan tapi sangat jarang. Sedangkan di America, jenis lotus yang tumbuh disana disebut Nelumbium luteum yang merupakan jenis lotus dengan bunga kecil berwarna putih pucat.
Lotus: various color

Perlu diperhatikan, seringkali Lotus disamakan dengan waterlily. Padahal keduanya adalah dua bunga dari jenis yang berbeda, bahkan bukan merupakan kerabat. Waterlily masuk kedalam genus Nymphaea dengan 50 species berbeda. Teratai yang tumbuh di Indonesia umumnya termasuk kedalam genus Nymphaea. Hal inilah yang sering menimbulkan kebingungan akibat penggunaan kata teratai untuk menyebut dua bunga dari kerabat yang berbeda, Lotus dan Waterlily. Untuk membedakan kedua jenis bunga ini dapat dilihat dari bagian tengah bunga dimana pada genus Nymphaea tidak ditemukan bagian tengah bunga berupa polong benih yang merupakan ciri khas genus Nelumbo. Selain itu, Nelumbo nucifera umumnya memiliki bunga yang naik beberapa centimeter dari permukaan air. Tidak seperti teratai genus Nymphaea yang bunganya mengapung dipermukaan air.


Water Lily (Lotuses)

Well... it's all about Lotus! Feel free to leave comment  


No comments:

Post a Comment