Monday, February 14, 2011

Daisy


Daisy sebenarnya bukan cuma nama dari satu jenis bunga. Ada banyak jenis daisy, umumnya golongan family Asteraceae genus Bellis dikenal dengan sebutan daisy. Tapi, ada satu jenis daisy yang sangat terkenal dan lumayan sering menjadi maskot dalam film atau manga. Tau ga film korea berjudul ‘Daisy’ yang diperankan Jun Ji Hyun dan Jung Woo Sung. Ada juga manga karangan Motomi Kyousuke yang judulnya ‘Dengeki Daisy’. Dalam film dan manga ini bunga daisy menjadi elemen yang krusial dalam plot cerita. Bunga daisy yang dimaksud adalah english daisy, atau disebut juga common daisy atau lawn daisy. Itu semua nama yang diberikan untuk tipe daisy ini, untuk membedakannya dari jenis daisy lainnya.




English daisy (selanjutnya disebut daisy), atau dalam nama latinnya disebut Bellis perennis, adalah jenis bunga yang berasal dari Eropa barat, Eropa tengah, Eropa utara, daerah Mediterania dan Afrika Utara. Selain itu, bunga ini juga ditemukan tumbuh dengan baik di Amerika Utara dan Amerika Selatan. Daisy adalah tanaman dengan batang tegak, dengan tinggi 5-20cm dan daun yang terletak di basal. Tiap batang daisy hanya akan memekarkan sebuah bunga yang tepat terletak diujung batang. Bunga daisy sendiri aslinya adalah bunga berwarna putih dengan bagian tengah berwarna kuning dengan diameter kepala 2-5cm. Tapi, sekarang ada banyak varietas daisy yang dikembangkan dengan pilihan warna yang beragam dari putih, kuning hingga merah.

Daisy disebut juga ‘the eye of the day’. Hal ini dikarenakan bunga daisy mulai mekar ketika fajar, dimana bunga ini akan mekar sepanjang hari dan kemudian kembali mengucup dimalam hari. Bunga ini juga memiliki beberapa arti yang dikaitkan padanya seperti ‘loyal love’ dan ‘i will never tell’. Makanya seringkali daisy dikaitkan dengan pengagum rahasia. Selain itu, dalam Hamlet Shakesphere bunga daisy disebut oleh Ophelia. Dalam konteks ini daisy diartikan sebagai ‘innocence’. Daisy juga bisa menyiratkan makna ‘new beginnings’.

So, apakah kamu jadi berniat memberikan daisy untuk seseorang... ^^



2 comments:

  1. klo z pngen pux halaman yg luas yg smuax isix bunga ini,

    ReplyDelete
  2. hmmm... g pernah liat da daisy tumbuh banyak di daerah tropis,, terlalu panas kali ya...
    tapi lumayan gampang kok klo mau nanem daisy, cuma butuh bijinya, tanah yg subur, tanem ditempat yg kena sinar matahari langsung.. n klo udaranya terlalu panas (kayak di daerah tropis) perlu lebih sering disiram...
    coba aja ze, ntar kita liat hasilnya...hehehe

    ReplyDelete